Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK dan Cetak SPTJM

Cara login Kepala Sekolah di DHGTK dan cetak SPTJM adalah pembahasan artikel yang akan Admin sampaikan pada kesempatan kali ini, karena pentingnya pengisian DHGTK absensi online. Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan (DHGTK) merupakan aplikasi pencatatan atau pengisian kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah swasta dan sekolah negeri di Indonesia.
Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK dan Cetak SPTJM
Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK

Dalam melakukan proses pengisian DHGTK dilakukan secara online oleh sekolah. Proses pengisisannya untuk pertama dapat dilaksanakan secara harian, mingguan atau bisa juga secara bulanan. Untuk mengisi kehadiran guru kedalam sistem online DHGTK, ada dua user yang akan digunakan yaitu :
  1. Login userid Kepala Sekolah
  2. Login userid operator Dapodik
Perubahan pada  userid dan password tersebut diatas  dilakukan melalui DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) sekolah yang bersangkutan. Perubahan userid dan password secara otomatis akan terakomodasi pada sistem DHGTK secara syncron. Data yang digunakan akan terupdate pada sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil melakukan syncron.

Kepala Sekolah merupakan pimpinan di sekolah maka hal yang berhubungan dengan DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan ) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral GTK, tugas Kepala Sekolah adalah :
  • Mengalokasikan biaya BOS untuk menerapkan DHGTK karena ini dilakukan secara full online.
  • Memberikan tugas khusus kepada yang di tunjuk untuk melakukan penginputan data absen online yaitu dari Operator sekolah maupun dari GTK dengan diberikan surat penugasan yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah.
  • Melakukan sosialisasi absensi online DHGTK kepada GTK di lingkunagn sekolah.
  • Mencetak SPJTM setiap bulan atau per triwulan untuk mengunci kehadiran GTK.
  • Melaksanakan pengisian DHGTK dengan benar dengan jujur dalam pengisisan DHGTK.
  • Memantau dan mengevaluasi/merevisi petugas pengisian absen online (DHGTK) yang dilakukan setiap hari.
Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK
  • Login pada laman DHGTK berikut ini linknya, silahkan untuk di copy ke browser. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ atau http://223.27.144.195:2017/index.php.
  • Setelah Mengunjungi laman di atas selanjutnya Kepala Sekolah melakukan login dengan cara pilih “LOGIN SEKOLAH”.
  • Langkah berikutnya setelah berhasil login adalah mengisi data sebagai berikut :
  1. Isikan NPSN Sekolah.
  2. Masukan userid Kepala sekolah yang sudah terinput di Aplikasi Dapodik.
  3. Masukan Pasworrd yang sudah di input di dapodik
  • Setalah semua data terisi selanjutnya masukan kode sesuai yang tertulis.
  • Kemudian pilih “LOGIN”.
  • Setelah login maka akan tampil fitur meliputi : Beranda, Kehadiran, Keluar Aplikasi, Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP.
  • Pada Menu Beranda tedapat beberapa sub menu yaitu : Profil Sekolah, Kunci dan Buat SPTJM, Data Pengguna.
Cetak SPTJM
SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) merupakan surat pernyataan Kepala Sekolah untuk mengunci DHGTK pada bulan yang dilalui/atau yang dilaksanakan. Hal ini dilakukan agar data yang sudah di input bisa dipertanggungjawabkan kebenaran dan kevalidannya. Untuk lebih jelasnya cara cetak SPTJM silahkan unduh dibawah ini.
Demikian tadi cara login Kepala Sekolah di DHGTK yang dapat Admin bagikan. Semoga bermanfaat

2 Responses to "Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK dan Cetak SPTJM"

  1. Selamat pagi,
    Mohon pencerahannya admin, saya belum pernah sukses mencetak SPTJM oleh karena tidak bisa login menggunakan akun Kepsek, selama ini saya hanya bisa mengisi Daftar Hadir menggunakan akum OPS, itu pun akhir2 ini jarang karena susah sekali loginnya.
    Barangkali Admin ada solusi bagaimana cara utk daftarkan akun kepala sekolah karena setiap kali saya hendak login menggunakan akun kepsek selalu gagal. "Nama user dan password tidak ditemukan" gitu pemberitahuan yang muncul di aplikasi/website DHGTK, padahal saya sdh memperbaharui akun kepsek di Dapodik beberapa kali tapi tetap saja tdk bisa.
    Demikian, kiranya Admin bisa memberikan jalan keluarnya, Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. punya sekolah saya juga sama dengan Pak Supri Thobone, bagaimana cara mengatasinya Gan. di mohon pencerahnnya'

    BalasHapus