Download Juknis Inpassing Dan Persyaratan Pengajuan Inpassing 2018

Pada kesempatan ini saya akan berbagai informasi mengenai download juknis inpassing dan persyaratan pengajuan inpassing 2018. Pengajuan inpassing atau Penyetaraan Guru Bukan PNS (GBPNS) adalah pengakuan untuk kualifikasi akademik, dan masa kerja, serta sertifikat pendidik yang dimiliki oleh guru bukan PNS (Pegawai Negeri Sipil ) yang disetarakan dengan menggunakan angka kredit, dan jabatan, serta pangkat yang setara dengan angka kredit, dan jabatan, serta pangkat pada jabatan fungsional PNS (Pegawai Negeri Sipil).
Dwonload Juknis Inpassing Dan Persyaratan Pengajuan Inpassing
Juknis Dan Persyaratan Inpassing

Persyaratan  Memperoleh Inpassing
Adapun untuk persyaratan memperoleh inpassing atau Penyetaraan Guru Bukan PNS (GBPNS) tahun 2018  adalah sebagai berikut:
  1. Bertugas sebagai guru yang memunyai status tetap pada satuan pendidikan atau sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, ataupun masyarakat.
  2. Memiliki kualifikasi akademik paling rendah adalah Sarjana (S-1) ataupun Diploma Empat (D-IV) yang diperoleh dari Universitas atau perguruan tinggi yang sudah terakreditasi, bagi yang mempunyai kualifikasi akademik Magister (S-2) ataupun Doktor (S-3) dari program studi yang mempunyai akreditasi paling rendah B.
  3. Untuk guru yang mempunyai sertifikat pendidik yaitu sebagai Guru Mata Pelajaran/Guru Kelas/ Guru BK atau BP/Guru Pembimbing Khusus, mengajar mata pelajaran/membimbing sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.
  4. Untuk guru yang belum mempunyai sertifikat pendidik sebagai Guru Mata Pelajaran/Guru Kelas/ Guru BK atau BP/Guru Pembimbing Khusus, mengajar mata pelajaran/membimbing sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.
  5. Usia pendidik paling tinggi 55 (lima puluh lima) tahun pada saat diusulkan.
  6. Mempunyai nomor unik yang dikeluarkan Kementerian.
  7. Melaksanakan tugas sebagai sebagai Guru Mata Pelajaran/Guru Kelas/ Guru BK atau BP/Guru Pembimbing Khusus.
  8. Memenuhi beban kerja guru mengajar dan tugas tambahan yang diakui setiap minggu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Persyaratan Pengajuan Inpassing
Apa saja persyaratan pengajuan inpassing 2018 ?. Pada dasarnya persyaratan pengajuan inpassing terbaru 2018  tidaklah  jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Berkas yang diminta adalah yang berkaitan dengan data mengajar di sekolah selama ini, yang semuanya harus sesuai dan benar tanpa adanya unsur manipulasi data.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini persyaratan pengajuan inpassing terbaru 2018 :
  1. Surat pengantar dari Kepala satuan pendidikan atau sekolah yang menerangkan bahwa guru yang bersangkutan adalah benar-benar menjadi pengajar di satuan pendidikan atau sekolah tersebut. Surat Pengantar dari Kepala satuan pendidikan atau sekolah ini resmi dan harus ditandatangani langsung oleh kepala satuan pendidikan atau sekolah yang bersangkutan, tidak boleh diwakilkan oleh siapapun.
  2. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( NUPTK ) bisa berupa Fotokopi Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( NUPTK ) atau lembar Padamu Negeri yang sudah dicetak dan di situ tertulis jelas Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( NUPTK ) yang dimiliki oleh guru yang bersangkutan.
  3. Menyertakan Biodata diri guru yang bersangkutan yang formatnya dapat dilihat atau diakses melalului website resmi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan untuk formatnya bisa disesuaikan.
  4. Surat Keputusan (SK) pengangkatan Guru Tetap Yayasan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tempat guru yang bersangkutan.
  5. Fotokopi Ijazah Minimal Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) yang dilegalisir dari Universitas atau perguruan tinggi yang sudah terakreditasi minimal B.
  6. Surat Keputusan (SK) pembagian tugas mengajar empat semester terakhir dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tempat guru yang bersangkutan.
  7. Surat Keterangan dari kepala satuan pendidikan atau sekolah bahwa guru yang mengajukan Inpassing memiliki atau mempunyai kinerja baik dan ditandatngani resmi oleh kepala satuan pendidikan/sekolah yang bersangkutan.
  8. Bagi  guru yang mempunyai jabatan di satuan pendidikan/sekolah maka perlu melampirkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala laboratorium dan kepala bengkel dan kepala perpustakaan, (Ini hanya bagi yang ada saja untuk jabatan disekolah).
  9. Fotokopy berupa sertifikat pendidik sesuai dengan bidang studinya (jika ada).
  10. Yang terakhir Nomor Registrasi Guru ( jika ada )
Alur Pendaftaran/Pengajuan Inpassing
Setelah persyaratan pengajuan inpassing lengkap maka alur pendaftaran/pengajuannya sebagai berikut
  1. PTK/Guru yang sudah memenuhi persyaratan pengajuan akan diberikan nomor urut berkas dan Lembar Identitas Pengusul (LIP) pada lembar info PTK/ info Guru.
  2. PTK/Guru yang telah memiliki nomor urut berkas segera untuk melengkapi persyaratan pengajuan inpassing pada edaran info PTK/ info Guru.
  3. Kepala satuan pendidikan/ sekolah melakukan verifikasi dan kelengkapan berkas.
  4. Kepala satuan pendidikan/ sekolah membuat surat pengantar (format-1) dan mengirimkan melalui via pos kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (alamat lengkap pengiriman ada dalam edaran info PTK/ info Guru).
  5. Pengiriman berkas pengajuan inpassing disertai dengan Lembar Identitas Pengusul (LIP) yang bisa dicetak pada laman info ptk. Jika belum memiliki Lembar Identitas Pengusul (LIP) dilarang mengirimkan berkas pengajuan inpassing.
  6. Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Dasar Kemendikbud memverifikasi kelengkapan dan keabsahan berkas pengajuan inpassing. Jika PTK/ Guru sudah memenuhi persyaratan maka akan diterbitkan Surat Keputusan (SK) inpassing.
Untuk kelengkapan berkas inpassing, juknis inpassing dan persyaratan pengajuan inpassing 2018 bisa di download pada tautan dibawah ini.
Download Juknis Inpassing / Penyetaraan Jabatan dan Pangkat Guru Non-PNS
Download Surat Pengantar Kepala Sekolah / Format 1
Download Contoh LIP Kemendikbud 
Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai juknis inpassing dan persyaratan pengajuan inpassing 2018.Semoga bermanfaat.

3 Responses to "Download Juknis Inpassing Dan Persyaratan Pengajuan Inpassing 2018"

  1. gimana cara mendapatkan LIP ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. LIP akan otomatis muncul di dapodik kalo sudah melakukan pengajuan dan persayaratannya sudah diverifikasi oleh P2TK.

      Hapus
  2. sudahkah mulai pendaftarannya? dan sampai kpn batasan akhir pendaftaran?
    tolong diberi LINK info gtk yg bisa dibuka utk daftar LIP.!
    trimkasih

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel